2020: a (Short) Retrospect.

by - Januari 05, 2021

Ranu Manduro, Mojokerto
Mengingat lagi. Bagaimana kala itu kamu, aku, kita mengakhiri 2019 dengan penuh semangat membuncah. Bersiap mengubah deretan panjang harap dan rencana menjadi kenyataan. Imaji tentang perjalanan jauh, mencoba pekerjaan baru, atau sesederhana melanjutkan apa yang seharusnya telah tuntas. Tahun baru, kesempatan baru. 
Sebelum ... 
All these pandemic outbreaks are happening and we’re being locked in our own home. 
Tenang yang terusik, seketika terkurung ketakutan. Menuntut diri untuk terbiasa akan hal aneh di luar tata cara hidup yang seharusnya. Menghirup udara sesak seolah berebut oksigen dengan monster. Terus menggantungkan pertanyaan tanpa jawaban pasti tentang kapan kondisi menyebalkan ini segera berakhir? 
Tentu saja, 2020 tidak sesuai ekspektasi. Ia menamparku untuk berkawan dengan kekecewaan, membuyarkan nyaris semua angan. Menertawakanku pongah, lalu berteriak: “Kejutan! Kali ini dunia berputar di luar kendalimu!”
Pupus berlayar jauh ke Utara Indonesia, memendam dalam bayang merasakan rantau ke Ibu Kota, susah payah mempertahankan yang rapuh diterjang jarak, juga upaya-upaya berdamai dengan diri sendiri. Menenangkan jiwa kecil yang terus meronta di tengah pandemi. Sepertinya Sang-Khaliq sengaja menjegal langkahku di awal. Membuatku limbung nyaris tersuruk, merengek, menangis sesenggukan.
Meski kesal, setelahnya harus kusadari, ceritaku bukanlah kisah paling menyedihkan. Aku patut mengucap syukur, tentang bagaimana ajaibnya Tuhan memberikan jawaban akan banyaknya keluhan yang sengaja atau tidak terpeleset dari mulut seorang hamba ini. Nyaris terpikir tidak adil, padahal Dia sedang melindungi anak manusia dari kekecewaan yang lebih dalam. Mengganti tangisan cengeng melalui cara-cara aneh yang tidak terduga.
Lalu, yang tersisa hanyalah renungan. 
Berbisik terima kasih pada 2020. Meski tidak mudah, ia berlalu dengan beribu pelajaran. Perlahan menuntun untuk bertumbuh lebih baik, menjadi aku yang lebih banyak bersyukur. 
  —Kebun Teh Nglinggo, Dec 2020.

Yuk, cek artikel yang ini!

0 komentar