Tips Traveling Budget Mepet ala Mahasiswa

by - Januari 04, 2020

pexels.com
Sejak menjadi mahasiswa di tanah orang (re: rantau), jalan-jalan seperti menjadi langganan to-do list aku tiap bulan. Parahnya lagi, kalau sedang pusing deadline tugas, bisa-bisa aku dan Bamet ‘kabur’ cari hiburan tiap minggu. Berhubung kami adalah mahasiswa berkantong tipis, jadi penting banget buat pilah-pilih wisata yang menyenangkan di hati dan pastinya nggak ngurangin jatah makan akhir bulan!
Nah, supaya rencana jalan-jalan tetap aman, ada beberapa strategi yang biasa aku lakuin untuk meminimalisir pengeluaran selama perjalanan! Apa aja, nih?

Tentukan Destinasi Wisata yang Akan Dituju

pexels.com
Sebelum memulai perjalanan, coba untuk research kira-kira tempat mana aja yang pengin kamu kunjungin. Jangan lupa catat, ya! Bila perlu, persiapkan maps atau penunjang perjalanan. Hal ini bermanfaat untuk menghemat waktu dan bahan bakar kendaraan kamu.

Pilih Hari Non-Weekend

freepik.com

Mengingat jadwal kuliah lebih fleksibel dan nggak setiap hari di satu minggu, coba deh pindah jadwal jalan-jalannya ke hari kerja –Senin sampai Jumat. Selain besar kemungkinan harga lebih murah (tiket masuk lokasi wisata, akomodasi, dll), pastinya destinasi yang kamu tuju juga nggak terlalu ramai pengunjung.

Pakai Kendaraan Pribadi

freepik.com

Traveling ke daerah dengan sarana transportasi penunjang yang belum memadai memang cukup tricky. Menggunakan kendaraan pribadi bakal mempermudah kamu mengakses destinasi wisata yang letaknya belum tentu memiliki fasilitas angkutan umum. Opsi menyewa kendaraan dengan sistem harian juga bisa kamu pertimbangkan. Selain lebih mudah dan memotong budget, memilih berwisata dengan kendaraan pribadi juga efisien waktu, lho!

Bawa Bekal

unsplash.com

Yap, mengisi perut masih menjadi kegiatan wajib ketika melakukan perjalanan. Membawa bekal bisa menjadi pilihan hemat, apalagi kalau melakukan perjalanan wisata singkat. Jika tidak memungkinkan, kamu tetap bisa hemat dengan memilih rumah makan yang sudah menyediakan daftar harga makanan. Strategi ini bermanfaat untuk menghindari pengeluaran membengkak, guis!

Hindari Membeli Kebutuhan yang Bisa Dibawa Mandiri

freepik.com

Hal ini berlaku ketika hendak mengunjungi wisata pemandian, misalnya. Usahakan selalu membawa perlengkapan penunjang dari rumah (cth: sabun, baju renang) agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli atau menyewa barang-barang tersebut.

      Nah, sekarang kamu siap berpetualang dengan lebih hemat. Jadi, ke mana tujuan kamu selanjutnya? Semoga tips di atas bisa membantu, ya!

Yuk, cek artikel yang ini!

0 komentar